Workshop Jurnalistik dan Penulisan Artikel Perpajakan

workshop jurnalistik

Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia para pegawai Direktorat Jenderal Pajak khususnya dalam hal penulisan artikel maupun opini di media massa dan media internal DJP, Kanwil DJP Sulselbartra menyelenggarakan Workshop Jurnalistik, Penerjemah Konten Situs DJP dan Penulisan Artikel yang dilaksanakan di Toraja Utara pada 5-6 Nopember 2012.

Pencitraan yang baik mengenai Direktorat Jenderal Pajak di mata masyarakat sangatlah penting demi meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi kewajiban perpajakannya. Melalui workshop jurnalistik seperti inilah, Kanwil DJP Sulselbartra mencoba untuk membangun pencitraan tersebut, dengan harapan tulisan-tulisan maupun foto-foto bernilai positip hasil karya peserta workshop nanti bisa menjadi garda depan dalam menciptakan pencitraan yang baik mengenai Direktorat Jenderal Pajak.

Ikut dalam acara ini sebanyak 36 (tigapuluh enam) peserta yang terdiri dari satu (1) orang perwakilan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dan Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) yang ada di lingkungan Kanwil DJP Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Seksi Hubungan Masyarakat, Nur Ayoma. Dalam sambutannya, Nur Ayoma berharap para peserta workshop nantinya bisa memberikan kontribusi nyata untuk Direktorat Jenderal Pajak, khususnya Kanwil DJP Sulselbartra.

“Setelah nanti teman-teman menjadi agent of humas kanwil, kami tunggu konstribusi kalian dalam menelurkan tulisan-tulisan berbobot dan positip yang bisa memberikan pencitraan yang baik di mata masyarakat mengenai Direktorat Jenderal Pajak,” ucap Nur Ayoma.

Selama dua hari workshop berlangsung, para peserta diberikan materi seputar jurnalistik mulai dari latihan menulis artikel, menulis opini, menulis narasi hingga pelatihan fotografi, termasuk pemberian materi mengenai pengenalan website Kanwil DJP Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara. Materi diberikan oleh pemateri yang berkompeten di bidangnya.

Hari pertama diisi dengan pemberian materi, sementara hari kedua para peserta diajak untuk praktek langsung ke lapangan untuk melakukan peliputan berita yaitu praktek wawancara dan fotografi. Lokasi praktek peliputan berita dipilih di tempat objek wisata di Toraja Utara yaitu di Pusat tenun kain toraja “Sadan To’ Barana” dan perkampungan adat sekaligus pemakaman batu Toraja di Kete’ Kesu yang juga merupakan situs budaya dunia UNESCO.

Usai melakukan praktek peliputan, dilanjutkan dengan proses penulisan berita. Selama 90 menit, peserta cukup serius menuangkan hasil liputannya ke dalam sebuah tulisan. Hasilnya ternyata tidak mengecewakan. Walaupun sebagian besar dari para peserta belum berpengalaman soal penulisan berita, namun hasil tulisan mereka cukup berbobot.

Dari hasil diskusi panitia, ditentukan pemenang yang masing-masing mendapatkan hadiah menarik dari panitia :

1. Kategori Tulisan dan Berita
a. Pemenang Pertama : Andi Akmal Anshari (KP2KP Watansoppeng)
b. Pemenang Kedua : Idi Silamba Tumbo (KP2KP Takalar)

2. Kategori Flash Foto
a. Pemenang Pertama : Angga Alexander (KP2KP Pasangkayu)
b. Pemenang Kedua : KPP Pratama Bantaeng

Para peserta yang mengikuti workshop selanjutnya ditetapkan sebagai Agent Of Humas Kanwil DJP Sulselbartra, yang berkewajiban untuk melakukan peliputan di setiap kegiatan unit kerja masing-masing untuk selanjutnya dimuat di website Direktorat Jenderal Pajak baik internal maupun eksternal yaitu (http://p2humas.intranet.pajak.go.id/, www.pajak.go.id, http://kepegawaian-djp/, http://kanwilmakassar.pajak.go.id/).

Tags

Related posts

*

*

Top
Ayoo...!! Segera sampaikan SPT Tahunan Orang Pribadi Anda melalui e-filing
Ayoo...!! Segera sampaikan SPT Tahunan Orang Pribadi Anda melalui e-filing